1000 TENDA

1000 Tenda Kaldera Toba Festival ini menjadi program pertama RKI di Kawasan Danau Toba dan menjadi program pertama RKI yang mengkhususkan pada 1000 Tenda. 1000tenda mengusung konsep kemping di tepian Danau Toba, dibentengi pegunungan Toba hijau dan memiliki hamparan sawah yang sangat luas. dai beberapa lokasi 1000tenda  juga terkenal dengan kebudayaannya. Kombinasi menarik inilah pula yang menjadi alasan pelaksanaan kegiatan dilaksanakan, dimana para peserta selain bisa menikmati acara di Pantai Danau Toba, mereka juga bisa berkeliling kampung disambut berbagai destinasi wisata lainnya.

Rumah Karya Indonesia memberi titik fokus pada distribusi pengetahuan dan pengalaman kepada seluruh peserta, selain mereka bisa menikmati pertunjukkan seni dan budaya. Dimana nantinya di pantai lokasi kegiatan akan ada sebanyak 5 tenda besar, yang bisa menampung sekitar 30 orang untuk mengikuti workshop atau talkshow yang diorganisir oleh panitia.

Rumah Karya Indonesia juga berupaya lewat festival ini selain berdampak kepada masyarakat sekitar, juga bisa menjadi satu embiro pengetahuan baru bagi pejalan, dimana pejalan selain traveling, juga harus menjadi pejalan cerdas dan kritis serta peduli lingkungan hidup. Adapun tema workshopnya dimulai dari tema lingkungan hidup, seni, gerakan sosial masyarakat, penyelamatan Danau Toba, aktivitas oudtoor dan tema lainnya. Nanti setiap workhsopnya akan diisi oleh narasumber yang ahli di dalam bidangnya, yang juga terkenal di kalangan anak muda, dimana mereka berasal dari lembaga yang menjadi mitra Rumah Karya Indonesia.

Festival kali ini ingin memberikan suasana  berbeda kepada para peserta dibandingkan festival lainnya, dimana Rumah Karya Indonesia ingin mendekatkan ilmu pengetahuan berbasis alam dan seni kepada seluruh pejalan, seluruh peserta yang hadir dalam acara ini.

Festival selama 3 hari 2 malam ini, nantinya pada pagi harinya akan ada workshop di 5 tenda besar yang disediakan panitia, lalu selesai pada siang hari. Kemudian dilanjutkan makan siang masing-masing di tendanya. Lalu, selesai makan siang, seluruh peserta akan mengikuti workshop di tenda besar, dengan topik yang berbeda-beda, lalu akan selesai pada sore hari. Pada malam harinya, seluruh peserta dapat menikmati pertunjukkan seni budaya.